-->

  • Agama Islam
  • Artikel PKN
  • Kesehatan
  • Belajar English
  • Kisah Islami
  • Trend Berita
  • Ruang Pribadi
  • 9/19/2013

    Simple Past Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya

    Simple Past Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya

    Pada kesempatan ini saya ingin melanjutkan kembali penjelasan mengenai 16 Tenses Bahasa Inggris, khususnya yang berkenaan dengan 5 Tenses Dasar dalam Bahasa Inggris yang sempat tertunda.

    Bila sebelumnya kita pernah belajar tense bahasa inggris mengenai Simple Present Tense, maka pada posting berikut ini saya akan membahas mengenai Simple Past Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya

    Pengertian Simple Past Tense
    Simple Past Tense merupakan aturan atau pola kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu pekerjaan yang dilakukan pada masa lampau (tahun lalu, bulan lalu, minggu lalu, dua hari yang lalu, kemarin, tadi pagi, dua jam yang lalu, dll).

    Rumus Simple Past Tense
    Adapun rumus tense bahasa inggris atau struktur yang digunakan untuk membentuk kalimat Simple Past Tense yaitu sebagai berikut :


    Keterangan :
    S = Subject (pelaku)
    V2 = Verb 2 (Kata kerja bentuk ke 2)
    O = Object (sesuatu yang dikerjakan)
    C = Complement (pelengkap), biasanya keterangan waktu atau tempat.

    Contoh Kalimat Simple Past Tense
    Contoh Penerapan Rumus (struktur) dalam beberapa kalimat Simple Past Tense bisa anda dilihat pada tabel di bawah ini :


    Demikian pembahasan mengenai Simple Past Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya. Untuk dapat menguasai pelajaran ini, anda wajib menghafal kata kerja (Verb) baik bentuk ke 1 (infinitive), kata kerja ke 2 (past tense), maupun kata kerja ke 3 (past participle). baik kata kerja yang beraturan (regular verb), maupun kata kerja tidak beraturan (irregular verb).

    Contoh kalimat Simple Past Tense di atas hanya dalam bentuk positif (pernyataan), sedangkan contoh kalimat Simple Past Tense dalam bentuk Negatif dan Pertanyaan, Insya Allah akan kami bahas dalam posting berikutnya.

    Bila anda ingin melengkapi atau ingin menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan pembahasan di atas, silahkan beri komentar di bawah ini, atau bila anda suka dengan artikel ini, maka tidak ada salahnya untuk berbagi informasi dengan teman atau keluarga anda yang lainnya.

    You Might Also Like:

    Disqus Comments