• Agama Islam
  • Artikel PKN
  • Kesehatan
  • Belajar English
  • Kisah Islami
  • Trend Berita
  • Ruang Pribadi
  • 9/22/2013

    Present Future Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya

    Present Future Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya

    Melanjutkan pembahasan kita yang berkenaan dengan pembelajaran bahasa inggris online mengenai 16 tenses bahasa inggris, khususnya yang berkenaan dengan 5 tenses dasar, maka pada posting kali ini kita akan membahas mengenai Present Future Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya.

    Pengertian Present Future Tense
    Present Future Tense merupakan salah satu tenses yang digunakan untuk membuat suatu kalimat bahasa inggris yang menyatakan suatu pekerjaan yang akan dilakukan pada masa atau waktu yang akan datang, seperti : nanti malam, besok, minggu depan, bulan depan, tahun depan, dll.

    Rumus Present Future Tense
    Rumus atau struktur kalimat Present Future Tense untuk kalimat positif menggunakan rumus atau formula sebagai berikut :

    Keterangan :
    S = Subject atau Pelaku
    Will/ Shall = Modal yang berarti "Akan"
    V1 = Kata kerja bentuk ke 1
    O = Object atau sesuatu yang dilakukan
    C = Complement atau pelengkap (keterangan waktu atau tempat)

    Catatan :
    Menurut aturan Tata Bahasa Inggris Klasik, Modal “Shall” digunakan untuk subject Orang pertama tunggal dan orang pertama jamak (I dan We), sedangkan untuk subject yang selain itu, modal yang digunakan adalah Will.

    Sementara menurut aturan Tata Bahasa Inggris Modern, semua Subject menggunakan modal “Will”, yang berarti “Akan”, karena modal “Shall” mempunyai arti lain, yaitu “Seharusnya”.

    Namun walaupun demikian, terserah anda apakah ingin menggunakan Aturan Tata Bahasa Inggris Klasik dengan “Will/ Shall” ataukah ingin menggunakan Tata Bahasa Inggris Modern dengan hanya “Will” sebagai modal untuk semua subject.

    Contoh Kalimat Present Future Tense
    Contoh penggunaan rumus Present Future Tense dalam beberapa kalimat, dapat anda lihat pada tabel di bawah ini.


    Sekian pembelajaran tense bahasa inggris Present Future Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya dalam bentuk positif. Silahkan kunjungi posting berikut ini untuk penjelasan tenses bahasa inggris Present Future Tense dalam Kalimat Negatif dan Kalimat Pertanyaan.

    Bila anda ingin melengkapi atau ingin menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan pembahasan di atas, silahkan beri komentar di bawah ini, atau bila anda suka dengan artikel ini, maka tidak ada salahnya untuk berbagi informasi dengan teman atau keluarga anda yang lainnya.

    Related Posts
    Disqus Comments