• Agama Islam
  • Artikel PKN
  • Kesehatan
  • Belajar English
  • Kisah Islami
  • Trend Berita
  • Ruang Pribadi
  • 9/27/2013

    Present Perfect Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya

    Present Perfect Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimatnya

    Melanjutkan pembahasan kita yang berkenaan dengan pembelajaran bahasa inggris online mengenai 16 tenses bahasa inggris, khususnya yang berkenaan dengan 5 tenses dasar, maka pada posting kali ini kita akan membahas mengenai Present Perfect Tense.

    Present Perfect Tense merupakan tenses yang digunakan untuk membuat suatu kalimat bahasa inggris yang menyatakan suatu pekerjaan yang telah dilakukan pada masa lalu atau waktu lampau dan masih berlangsung hingga sekarang. Contoh : Saya telah mengenal dia sejak tahun lalu (I have known him since last year)

    Present perfect tense juga digunakan untuk menyatakan peristiwa yang telah terjadi atau telah selesai dikerjakan. Contoh : Saudara laki-laki saya telah membeli sebuah mobil baru (My brother has bought a new car)

    Struktur kalimat Present Perfect Tense untuk kalimat positif (positive sentences) menggunakan rumus atau formula sebagai berikut :


    Keterangan : 
    S = Subject atau Pelaku
    Have/ Has = Auxiliary verb yang berarti "telah"
    V3 = Kata kerja bentuk ke 3 (Past Participle)
    O = Object atau sesuatu yang dilakukan
    C = Complement atau pelengkap (keterangan waktu atau tempat)

    Pasangan Auxiliary Verb Have/ Has untuk setiap subject adalah sebagai berikut :
    Have : Digunakan oleh subject ; They, We, I, You
    Has : Digunakan oleh subject ; She, He, It atau semisalnya. Contoh : My brother (saudara laki-laki) bermakna sama dengan He (Dia laki-laki), jadi Auxiliary yang digunakan adalah Has.

    Contoh penggunaan rumus Present Perfect Tense dalam beberapa kalimat, dapat anda lihat pada tabel di bawah ini.


    Sekian pembelajaran tense bahasa inggris Present Perfect Tense dalam Kalimat Positif. Silahkan kunjungi posting berikutnya untuk penjelasan tenses bahasa inggris Present Perfect Tense dalam Kalimat Negatif dan kalimat Pertanyaan.

    Related Posts
    Disqus Comments