• Agama Islam
  • Artikel PKN
  • Kesehatan
  • Belajar English
  • Kisah Islami
  • Trend Berita
  • Ruang Pribadi
  • 10/06/2013

    Cara Menyatakan Keberadaan Sesuatu (Existence) dalam Bahasa Inggris

    Cara Menyatakan Keberadaan Sesuatu (Existence) dalam Bahasa Inggris

    Setelah pada beberapa hari yang lalu kita menghabiskan waktu untuk membahas mengenai pelajaran 5 Tenses Dasar dan Cara Menggunakan To Be dalam bahasa inggris, maka pada posting kali ini saya ingin membahas mengenai cara untuk menyatakan keberadaan sesuatu dalam bahasa inggris sesuai aturan tata bahasanya (Grammar).

    Dalam pelajaran Tata Bahasa Inggris (Grammar), bila kita menginginkan untuk menyatakan keberadaan seseorang ataupun suatu benda (Existence), kita dianjurkan untuk menggunakan pola kalimat (pattern) sebagai berikut :

    There + Auxiliary Verb (Kata kerja bantu)

    Struktur atau pattern di atas akan berubah-ubah sesuai dengan waktu terjadinya keberadaan itu. Dengan kata lain, rumus atau pola kalimat di atas akan disesuaikan dengan waktu terjadinya.

    Di bawah ini saya berikan contoh penerapan pola di atas untuk beberapa waktu yang berbeda, antara lain :

    1. Waktu sekarang (Present) : There is, There are
    Untuk waktu sekarang (present) pola di atas menjadi there is dan there are, yang berarti "Ada". Contoh kalimat : There is a car in front of my house now(ada sebuah mobil di depan rumah saya sekarang).


    Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai there is dan there are, silahkan baca posting berikutnya : Cara menggunakan There is dan There are

    2. Waktu Lampau (Past) : There was, There were
    Untuk waktu lampau (Past) pola di atas menjadi there was dan there were, yang berarti "Ada". Contoh kalimat : There was a car in front of my house yesterday(ada sebuah mobil di depan rumah saya kemarin).

    Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai there was dan there were, silahkan baca posting berikutnya : Penggunaan There was dan There were.

    3. Waktu yang akan datang (Future) : There will be
    Untuk waktu yang akan datang (Future), pola di atas menjadi there will be, yang berarti "Akan ada". Contoh kalimat : There will be a car in front of my house tomorrow(Akan ada sebuah mobil di depan rumah saya besok).

    Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai there will be, silahkan baca posting berikutnya : Penggunaan There will be.

    4. Sejak waktu Lampau hingga sekarang (Present Perfect Tense) : There Have been, There has been
    Untuk menyatakan keberadaan (existence) yang terjadi sejak waktu Lampau hingga sekarang (Present Perfect Tense), pola di atas menjadi there have been dan there has been, yang berarti "telah ada". Contoh kalimat : There has been a car in front of my house since two months ago(Telah ada sebuah mobil di depan rumah saya sejak 2 bulan yang lalu).

    Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai there have been dan there has been, silahkan baca posting berikutnya : Penggunaan There have been, There has been

    Catatan :
    Untuk pernyataan eksistensi (keberadaan) suatu benda yang tidak menyertakan keterangan waktu, maka pernyataan tersebut akan selalu dianggap present (sekarang).

    Demikian posting mengenai cara menyatakan keberadaan sesuatu (existence) dalam bahasa inggris. Semoga bermanfaat.

    You Might Also Like:

    Disqus Comments