• Agama Islam
  • Artikel PKN
  • Kesehatan
  • Belajar English
  • Kisah Islami
  • Trend Berita
  • Ruang Pribadi
  • 4/10/2014

    Figur Pendosa Yang Disebutkan Di Dalam Al-Qur'an

    Figur Pendosa Yang Disebutkan Di Dalam Al-Qur'an

    Para pendosa adalah orang-orang yang biasa melakukan perbuatan dosa. Di dalam Alquran, disebutkan beberapa figur pendosa, beserta akibat dari perbuatan dosa yan telah dilakukannya. Itulah sebabnya, Allah sering memerintahkan kepada kita untuk memperhatikan apa yang telah dialami para pendusta dulu, dan agar kita tidak meniru orang-orang yang zhalim.

    Berikut ini beberapa figur pendosa yang disebutkan di dalam Al-Qur'an :

    1. Qarun.
    Qarun adalah seorang yang sangat kaya raya dan menimbun hartanya, ia kemudian ditenggelamkan oleh Allah bersama hartanya sendiri. Dia juga tidak mau beribadah kepada Allah karena ia menganggap bahwa harta kekayaannya adalah hasil kerja kerasnya, bukan karena pemberian dari-Nya.

    Karena kesombongannya itu, Allah kemudian memberi hukuman kepada Qarun. Qarun dibenamkan ke dalam bumi bersama seluruh harta bendanya. Allah berfirman : "Kami benamkan Qarun beserta rumahnya ke dalam bumi". (QS al-Qashash, 28 : 81).


    2. Fir'aun
    Fir'aun adalah seorang raja Mesir yang kekuasaannya hilang oleh keangkuhannya sendiri. Fir'aun sangat berkuasa, sehingga kemudian ia dengan angkuhnya mengukuhkan diri sebagai tuhan. Fir'aun kemudian memaksa rakyatnya untuk mengakui dirinya sebagai tuhan.

    Oleh karena kesombongannya itu, Allah kemudian memberi hukuman kepada Fir'aun. Hukuman itu dijelaskan dalam alqur'an.
    "Kami tenggelamkan Firaun dan pengikut-pengikutnya". (QS al-Baqarah, 2 : 50).

    3. Kaum Sodom
    Kaum Sodom melakukan liwath atau homoseksual. Oleh karena kemaksiatannya semakin merajalela, Allah lalu menimpakan azab kepada kaum itu. Azab tersebut diterangkan dalam alqur'an :
    "Tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (terbalik), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi". (QS Hud, 11 : 82).
    4. Ashabul Aikah (umat Nabi Syu'aib)
    Umat nabi Syu'aib biasa mengurangi takaran dan timbangan, serta suka nongkrong di jalan dan mengganggu para pejalan kaki. Karena dosanya, Allah menimpakan azab kepadanya,
    "Orang-orang yang zalim dibinasakan oleh satu suara yang mengguntur; lalu jadilah mereka mati bergelimpangan di rumahnya". (QS Hud, 11 : 94).

    You Might Also Like:

    Disqus Comments