• Agama Islam
  • Artikel PKN
  • Kesehatan
  • Belajar English
  • Kisah Islami
  • Trend Berita
  • Ruang Pribadi
  • 10/28/2012

    Pengeluaran Ahli Maksiat Dari Neraka Sebagai Rahmat Dari Allah SWT

    Pengeluaran Ahli Maksiat Dari Neraka Sebagai Rahmat Dari Allah SWT

    Pada posting kali ini kita akan membahas tentang Pengeluaran Ahli Maksiat dari Neraka Sebagai Rahmat dari Allah SWT, berdasarkan hadits di bawah ini.

    Dari Abu Sa'id Al-Khudri (R.A.), katanya Rasulullah Saw bersabda: "Para penghuni neraka itu tidak hidup dan tidak mati, akan tetapi ada sekelompok manusia yang mana mereka disiksa di neraka dikarenakan dosa-dosa atau kesalahan-kesalahan mereka. Lalu mereka dimatikan hingga menjadi arang. Kemudian Allah mengizinkan kepada mereka untuk diberi syafaat, maka datanglah sekelompok jamaah yang berbeda-beda lalu menghamburkan mereka di atas sungai yang terdapat di surga." Dikatakan kepada penghuni surga: "Hai penghuni surga, siramlah mereka! Maka tumbuhlah mereka bagaikan tumbuh-tumbuhan biji". Salah seorang dari suatu kaum berkata: "Ketika itu Rasulullah sudah berada di Padang Sahara." (Diriwayatkan oleh Imam Muslim).


    Menurut Imam Nawawi, hadits ini menjelaskan bahwa orang-orang kafir yang merupakan penghuni neraka dan kekal di dalamnya, mereka tidak mati dan juga tidak hidup. Hal ini ditunjukkan oleh firman Allah SWT yang artinya: "Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka azab-Nya"; dan firman Allah SWT yang artinya: "Kemudian dia tidak mati di dalamnya dan tidak (juga) hidup". Hal ini sesuai dengan pendapat mazhab "Ahlul Akhlak" yang mengatakan bahwa kenikmatan bagi penghuni surga itu kekal dan siksaan bagi penghuni neraka yang kekal di dalamnya kekal juga.

    Adapun mengenai sabda Nabi yang mengatakan: "Akan tetapi sebagian manusia yang disiksa di neraka...", maksudnya adalah bahwa orang-orang mu'min yang mempunyai dosa atau kesalahan, mereka akan disiksa terlebih dahulu yang lamanya tergantung kepada banyaknya dosa yang mereka miliki. Kemudian Allah mematikan mereka dengan mati yang sebenarnya dan mereka pun merasakannya. Setelah itu mereka dikeluarkan dari neraka dalam keadaan mati dan telah menjadi arang. Kemudian mereka dibawa oleh sekelompok jamaah, lalu melemparkan mereka ke sungai yang ada di surga. Akhirnya mereka dimandikan dengan air kehidupan yang berasal dari surga. Maka mereka pun hidup dan tumbuh, lalu memasuki surga dengan bentuk badan yang sempurna.

    Terimakasih telah membaca artikel : Pengeluaran Ahli Maksiat dari Neraka Sebagai Rahmat dari Allah SWT. Semoga bermanfaat.

    You Might Also Like:

    Disqus Comments