• Agama Islam
  • Artikel PKN
  • Kesehatan
  • Belajar English
  • Kisah Islami
  • Trend Berita
  • Ruang Pribadi
  • 12/06/2012

    Keutamaan Taubat (Artikel PAI)

    Keutamaan Taubat (Artikel PAI)

    Taubat tidak cukup dengan perasaan menyesal. Taubat harus diiringi oleh upaya perbaikan diri dari segala penyimpangan. Orang yang bertaubat harus mengubah perilaku lama dengan perilaku baru yang lebih baik.

    Allah menjanjikan keutamaan bertaubat kepada orang-orang yang bertaubat. Perlu diketahui bahwa muttaqin bukanlah orang yang tidak pernah bersalah. Salah satu sifat muttaqin adalah segera bertaubat ketika sadar bahwa ia telah berdosa dan bersalah. "Orang-orang yang bila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri, mereka ingat Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosanya" (QS Ali Intran, 135).


    Taubat mempunyai beberapa keutamaan, yaitu sebagai berikut :
    1. Meraih ridho dan cinta Allah. "Allah mencintai orang-orang yang bertaubat" (QS al-Baqarah, 2: 222).
    2. Meraih luasnya ampunan dan rahmat Allah. Seluas apa pun dosa seseorang, tidak akan pernah melebihi luasnya ampunan dan rahmat Allah. "Sungguh, Allah mengampuni dosa-dosa semuanya" (QS az-Zumar, 34 : 53). Dalam sebuah Hadis disebutkan "Allah bergembira untuk menerima taubat seorang hamba-Nya melebihi kegembiraan seorang hamba di antara kalian yang menemukan kembali untanya yang hilang di tengah-tengah padang sahara" (Muttafaq Alaih)
    3. Didoakan oleh malaikat dengan memohonkan ampun dan perlindungan bagi orang yang bertaubat. Para malaikat juga memohon kepada Allah agar manusia yang bertaubat dikaruniai kenikmatan, serta dijaga dari kesalahan dan kejahatan. "Ya Rabbana, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan-Mu" (QS al-Mu'min, 40: 7).
    4. Memperbarui iman. Dengan taubat, iman akan senantiasa kuat dan tidak lemah. Sikap optimis untuk mendapatkan pertolongan Allah akan hadir. "Sungguh, Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar" (QS Thaha, 20: 82).
    5. Keburukan akan diganti kebaikan. Orang yang bertaubat akan selalu dalarn keadaan baik. Ia terhindar dari keburukan perangai dan merasa nikmat bersama Allah. "Orang-orang yang bertaubat, beriman, dan beramal saleh, kejahatan mereka diganti oleh Allah dengan kebajikan" (QS al-Fun:Ian, 25: 70).
    6. Diberi kekuatan untuk mengalahkan setan dan bisikan jahatnya, termasuk setan manusia. "Sesungguhnya, setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya" (QS an-Nahl, 16: 99). 
    Terimakasih telah membaca artikel Keutamaan Taubat. Semoga bermanfaat.

    Related Posts
    Disqus Comments