Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, media dakwah pun berkembang pesat. Ada banyak media yang dapat digunakan untuk Berdakwah dan menyebarkan ajaran Islam, antara lain :
- Lisan, yakni penyampaian secara langsung dan bertatap muka antara da'i dan mad'u (objek dakwah). Misalnya, ceramah, khutbah, pidato, kuliah, diskusi panel, seminar, musyawarah, nasihat atau konsultasi. Istilah yang populer adalah da'wah bil lisan.
- Tulisan, yakni penyampaian ajaran Islam melalui tulisan. Misalnya, buku, majalah, jurnal, surat kabar, buletin, risalah, diktat kuliah, pamflet, termasuk surat elektronik (e-mail) atau internet.
- Audio-visual, yakni media elektronik yang menyatukan antara gambar dan suara. Misalnya, televisi, Video Compact Disc, komputer, film, dan sinetron.
- Perbuatan, yakni pemberian contoh nyata atau teladan yang baik. Cara ini biasa disebut da'wah bil hal. Cara ini dianggap sebagai cara paling efektif bagi penyebaran ajaran Islam.
- Ekonomi, yakni mengembangkan potensi umat melalui sektor bisnis. Pemberdayaan ini bisa dilakukan melalui pemberian sarana, modal, dan pelatihan tentang pengelolaan usaha. Dakwah ini biasa disebut da'wah bil maal. Mengapa ekonomi harus dimasuki dakwah? Rasulullah SAW berkata bahwa dakwah juga harus memperhatikan aspek ekonomi. Bukankah kemiskinan dan kefakiran mendekatkan seseorang kepada kekafiran?